Bakamla Siap Terapkan Arsip Elektronik

JAKARTA, KRJOGJA.com  – Badan Keamanan Laut RI siap mengimplementasikan kearsipan berbasis elektronik dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) melalui Survei dengan jajaran Arsip Nasional RI yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 5, Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan,  Jl.  Proklamasi No. 56,  Mentang Jakarta Pusat, Senin (05/03/2018).

Survei dilaksanakan oleh petugas Arsip Nasional RI terhadap Staf Bakamla melalui dialog interaktif guna mengetahui sejauhmana kesiapan sistem pengarsipan di Bakamla RI dalam menunjang SIKD yang terintegrasi dengan Arsip Nasional RI. Guna memenuhi hal itu diperlukan beberapa persyaratan tertentu. Diantaranya  Peraturan  Badan Keamanan Laut meliputi Tata Naskah Dinas,  Klasifikasi Kearsipan,  Klasifikasi Keamanan dan akses, Jadwal Resensi Arsip dan  selanjutnya beredar pada Pengelolaan Arsip Aktif dan Inaktif.

"Sejauh ini Bakamla RI masih perlu memenuhi empat pilar kearsipan yakni Tata Naskah Dinas,  Klasifikasi Kearsipan,  Klasifikasi Keamanan dan akses, Jadwal Resensi Arsip," kata Kabag TU dan Rumga AKBP Capt. Nyoto Saptono,  S.H., M.Si (Han),  M.Mar. 

Kabag TU dan Rumga menyampaikan perlunya menyiapkan sumberdaya manusia yang memadai guna mendukung prgram tersebut. Kabag TU dan Rumga berharap melalui kegiatan survei ini bisa mendapat masukan dari tim Arsip Nasinal RI tentang apa saja yang harus segera penuhi oleh Bakamla RI guna mendukung proogram tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI