Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara Laksanakan Kegiatan Bengkel Sastra Penulisan Kreatif

MANADO, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Bengkel Sastra Penulisan Kreatif bagi Komunitas Baca Se-Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (13-15 April 2021) tersebut dibuka resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs. Jhon Heit Palandung, M.Si.

Tampil sebagai narasumber adalah Faradila Bachmid, S.Psi., seorang Duta Baca Provinsi Sulawesi Utara dan mempunyai Komunitas Baca Manado, Akbar Wicaksono, S.S., dari Komunitas Baca Jawa Tengah. Ada enam materi yang dibagikan narasumber kepada peserta, yaitu perkembangan literasi di Sulut dan Jawa Tengah, Bahan Bacaan Literasi dan Perjenjangan Buku, Penulisan Kreatif dalam Karya Sastra, Teknik dan Langkah-langkah Menulis Karya Sastra, Praktik Baik dalam Membaca Karya Sastra, dan Pengelolaan serta Pembinaan Rumah Baca agar Berdiri Secara Legal atau Berbadan Hukum.

Melalui laporan tertulisnya, Sabtu (1/10/2021) Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulut, Drs. Dwi Sutana, M.Hum menyebutkan dalam komunikasi lintas bangsa, ada kecenderungan penilaian kemajuan sebuah bangsa diukur dari tinggi rendahnya minat baca masyarakatnya. Bahkan, secara lebih luas tingkat literasi masyarakat sebuah bangsa menjadi citra tinggi rendahnya peradaban bangsa.

“Sementara itu, dalam ukuran tingkat dunia, minat baca, dan tingkat literasi masyarakat Indonesia masih perlu dan harus ditingkatkan agar sejajar dengan bangsa-bangsa yang telah mencapai taraf literasi dan minat baca tinggi,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI