Bamboo Arum Straw, Produk Lokal yang Mampu Go Global berkat BRI

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Berhasil menjuarai kategori Bussiness Matching sebagai pemenang I pada 2020, PT Arum Jaya Perdana kembali mengikuti pameran virtual UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dengan mengusung brand Bamboo Arum Straw.

Founder PT Arum Jaya Perdana Mistianingrum mengatakan, Bamboo Arum Straw sendiri sudah diekspor sejak 2018. Namun, pada saat itu ekspor masih dilakukan oleh pihak lain alias vendor. Dari situ, ia pun menyadari bahwa produknya sudah layak dan memenuhi kriteria ekspor. Kemudian pada 2020, Mistianingrum memutuskan untuk membangun badan usaha dan menjual brand sendiri untuk ekspor. Produk bamboo straw dan bamboo painting ini sudah diekspor ke Ingagris, Amerika, Belgia, Italia, dan Albania.

Terkait pendapatan, penjualan domestik pada saat kondisi normal mencapai sebesar Rp20 juta – Rp30 juta per bulan. Namun, pada saat pandemi, omzetnya menurun hingga 75% karena kegiatan pariwisata tidak berjalan.

Mistianingrum mengungkapkan, dari event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020, ia bisa mendapatkan tambahan modal untuk memperluas usaha. Awalnya, ia hanya memproduksi sedotan bambu, tetapi selanjutnya bisa mengolah limbah kayu jati menjadi beragam produk, seperti tableware, kitchenware, maupun homeware.

“Selain itu, saya semakin dipercaya oleh banyak pihak untuk melakukan kerja sama. Bagi saya, Brilianpreneur adalah langkah awal untuk bisa go global,” ungkap Mistianingrum. Di pasar internasional, PT Arum Jaya Perdana juga berhasil berpartisipasi di berbagai pameran, seperti INA-LAC 2020, HANDARTY KOREA 2021, ASEAN ONLINE SALE DAY 2021, dan lain-lain.

Sebagai informasi, pada gelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksi mencapai US$72,13 juta. Angka tersebut melampaui target sebesar US$65 juta. Pencapaian ini pun menjadi momentum bagi BRI untuk terus mendukung UMKM Indonesia, agar bertransformasi di tengah persaingan global. (*)

BERITA REKOMENDASI