Bamsoet Dukung Trah HB II Tuntut Inggris Kembalikan Rampasan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet),mendukung Trah HB II ,menuntut Inggris untuk mengembalikan harta Raja Yogyakarta. Pada kasus Sri Sultan Hamengku Buwono II, hal itu terjadi pada peristiwa Geger Sepehi yang pada tanggal 19-20 Juni 1812 pasukan sewaan Inggris (disebut Sepoy) menyerbu Keraton Yogyakarta dan merampas manuskrip-manuskrip, karya sastra, serta perhiasan.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, pada tahun 2018 dan 2019 beberapa manuskrip jarahan perang telah dikembalikan ke Indonesia. Saya menyambut baik pengembalian benda warisan sejarah tersebut, sekaligus mengingatkan bahwa manuskrip yang berusia ratusan tahun adalah benda sejarah yang rentan sehingga memerlukan perawatan dan perlakuan khusus agar tetap berada dalam kondisi yang baik,” tutur Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) di Jakarta,Senin (12/10 2020).

“Kami berharap, melalui kajian mendalam bisa membuka cakrawala sejarah yang lebih luas untuk menghimpun kembali detail-detail fakta sejarah yang sebelumnya tercecer, terabaikan, atau bahkan hilang. Dengan demikian, akan mendapatkan gambaran yang utuh tentang peristiwa sejarah, pelaku sejarah dan masing-masing perannya, serta latar belakang sebuah peristiwa sejarah”.ujarnya.

BERITA REKOMENDASI