Bandara Soekarno Hatta Perketat Penumpang Asal China

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bandara Internasional Soekarno-Hatta, menerapkan pemeriksaan berlapis terhadap penumpang penerbangan asal China. Pengetatan ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (2019-nCov).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Anas Ma'ruf mengatakan saat ini pihaknya melakukan pemeriksaan merinci terhadap setiap penumpang asal China.

"Kalau selama ini kita menggunakan thermal scanner (pemindai suhu tubuh) yang sifatnya massal, sehingga orang hanya lewat saja. Tapi sekarang kita mendekat ke tempat pendaratan, kemudian penumpang yang turun kita lakukan pemeriksaan satu per satu," kata Anas.

Anas mengatakan hingga kini belum ditemukan penumpang yang diduga terjangkit corona. Akan tetapi bandara tetap mempertebal pengawasan, khususnya terhadap penerbangan asal China.

"Sementara ini konsentrasi pesawat asal China karena kita tahu juga dari negara lain belum ada bukti penularan setempat. Tetap kita awasi yang lain, tapi eskalasinya berbeda dengan penerbangan asal China," tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI