Bangsa Indonesia Punya Banyak Beban

BERAU, KRJOGJA.com – Harus diakui, Bangsa Indonesia ini memiliki banyak beban yang berat. Ada kasus korupsi yang sudah seperti penyakit kanker akut, masalah narkoba yang menurut PBB sudah berada di garis merah, kemiskinan, eksploitasi sumberdaya alam, kesenjangan sosial dan masih banyak lagi kasus berat lainnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Dr Haedar Nashir mengemukakan hal tersebut dalam tabligh akbar/pengajian kebangsaan di STIE Muhammadiyah Berau Kalimantan Timur, Sabtu (30/9) malam. Tabligh akbar dihadiri Bupati Berau Muharam SPd MM, Ketua PP Aisyiyah Siti Noordjanah dan pengurus PDM/PDA Berau serta mahasiswa STIE dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah.

Muhammadiyah yang sudah lebih dari seabad ikutserta membangun bangsa menurutnya tidak akan diam. Sebagai organisasi yang sudah ikut mendirikan bangsa lanjut Haedar,  Muhammadiyah mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan mengurus negara dengan baik. Dengan demikian, kita memiliki harapan bangsa ini menjadi bangsa maju.

Bangsa ini disebutnya sudah diberi Allah, alam yang sangat kaya raya. Untuk maju menurutnya bangsa ini perlu memiliki karakter relijius. Hanya dengan karakter kesalihan, kejujuran terutama bagi para pemimpin pemegang amanah, bangsa ini akan maju. "Ironisnya, banyak yang semula baik lama kelamaan tidak tahan dan ingin melakukan terobosan," tambahnya.

Selain itu Ketum PPMuhammadiyah melihat juga perlu dipupuk karakter mandiri bagi warga bangsa ini. "Alam yang kaya membuat bangsa ini.menjadi manja," ujarnya.

Karakter lain untuk maju ialah cerdas berilmu sehingga tidak akan dikuasai orang lain, berkarakter tanggungjawab sosial serta solidaritas kolektif. Jika yang kaya mampu berbagi, lanjutnya, Insya Allah Bangsa Indonesia akan menjadi maju. (Fsy)

BERITA REKOMENDASI