Bangun Enam Pulau Terluar, Susi Gandeng Jepang

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRHOGJA.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan pertemuan dengan penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang, Hiroyo Izumi.mDalam pertemuan itu, Susi membahas rencana pengembangan dan investasi perusahaan Jepang di enam pulau terluar Indonesia. MPulau-pulau itu yakni, Sabang, Natuna, Morotai, Saumlaki, Moa, dan Biak.

"Kita bahas rencana kerja sama kita dengan Jepang, ada tujuh yang dibahas. Tapi tidak fokus cuma soal pengembangan ikan saja, semua ada, keamanan laut juga masuk kerja sama kita," kata Susi.

Sedikitnya ada tujuh bidang kerja sama antara KKP dan Jepang untuk enam pulau terluar itu. Tujuh bidang kerja sama itu, kata Susi, sudah dipastikan akan dilakukan dan diteken akhir tahun nanti. "Ya akhir tahun nanti sudah bisa teken," kata dia.

Adapun kerja sama itu antara lain mempromosikan industri dan komunitas perikanan di enam pulau terluar Indonesia. Termasuk, membangun pelabuhan dan pasar ikan dan pembangunan kapal angkut ikan dari pulau terluar ke pelabuhan utama.

Kerja sama lainnya yaitu, peningkatan kapasitas pengawasan di enam pulau tersebut. Jepang nantinya akan memberikan bantuan radar berteknologi untuk keamanan pulau-pulau itu. (*)

BERITA REKOMENDASI