Banjir Bandang di Brebes, 7 Rumah Rusak

Editor: KRjogja/Gus

BREBES, KRJOGJA.com – Dilaporkan sebanyak tujuh rumah warga rusak akibat banjir bandang yang menerjang lima desa di Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, Rabu 8 Januari 2020. Banjir bandang terjadi akibat meluapnya Sungai Babakan setelah hujan deras mengguyur.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes melaporkan, tujuh rumah warga yang rusak berada di RT 14 dan 15 RW 3, Desa Cikeusal. Di RT 14, rumah rusak berat milik Rohim (40), sedangkan rumah Waren (70), Carwikan (75), dan Wanudin (50) rusak ringan.

Sedangkan di RT 14, ada tiga rumah yang rusak yakni milik Taryamah (80), Imam Karmudi (60), dan Ruminah (70).

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB, Agus Wibowo mengatakan, BPBD, TNI, Polri, SAR, relawan dan lainnya sudah di lapangan untuk mengevakuasi dan penyelamatan warga terdampak banjir bandang.

"Tim SAR sudah di lapangan, tapi terkendala jalan yang masih tertutup banjir. Tim SAR juga sudah mendistribusikan bantuan logistik," kata Agus dalam keterangan tertulis yang dikutip iNews.

Dia mengatakan, banjir bandang yang terjadi bersumber dari limpasan Sungai Babakan yang melintas dari Cikeusal Kidul, Cikeusal Lor dan Ketanggungan.

“Saat ini genangan tinggal di Dusun Ketanggungan, itu pun sudah mulai surut. Kemudian limpasan dari Sungai Cibesole melintas di Sindangjaya dan Pamedaran, sudah surut sejak 3 jam lalu,” kata Agus Wibowo. (*)

BERITA REKOMENDASI