Banjir Jakarta, Anis Baswedan : Izinkan saya bekerja

JAKARTA, KRJOGJA.com – Gubernur DKI,Jakarta, Anies Baswedan meminta  ijin ke masyarakat untuk menuntaskan persoalan banjir di Jakarta. Pihaknya fokus menanggulangi dampak banjir.

“Penanganannya sekarang sedang kita kerjakan. Kalau boleh izinkan saya bekerja sehingga bisa menuntaskan (persoalan banjir),” demikian disampaikan Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan di Jakarta,Selasa (26/2 2020).

Anies memastikan seluruh warga terdampak banjir dievakuasi ke tempat pengungsian terdekat. Kebutuhan pokok masyarakat akan dipenuhi.

“Kemudian kesehatan terjamin sehingga mereka insyallah bisa kembali ke rumah masing-masing begitu surut,” ucap Anies.

Pemerintah sudah  fokus menanggulangi banjir. Evakuasi warga dan pendirian pos pengungsian jadi prioritas.

“Ada juga pos kesehatan untuk pasokan kebutuhan pokok masyarakat. Jadi kita siapkan semua ,” kata Anies.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA), Juaini, menyiagakan personel di seluruh wilayah DKI. Seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) dikerahkan.

“Masing-masing wilayah bervariasi, satu wilayah ada yang 800 hingga 1.000 ditambah petugas pompa di lapangan,” ujar Juaini.

Sedangkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sejumlah wilayah di Jakarta dilanda hujan ekstrem pada Senin dan Selasa, 24-25 Februari 2020. Curah hujan di atas 150 mm per hari.

“Curah hujan tertinggi 278 mm tercatat Stasiun Meteorologi Kemayoran,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab.

Kondisi ini menyebabkan sebagian kawasan di wilayah Jakarta terendam banjir. Kondisi ini terjadi sejak pukul 04.00 WIB..(ati)

BERITA REKOMENDASI