Bank BUMN Pangkas Bunga Kredit UKM

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan perbankan pelat merah akan menurunkan tingkat suku bunga kredit bagi Usaha Kecil Menengah (UKM). Kebijakan ini menyusul dampak virus corona (covid-19) kepada UKM khususnya yang bergerak di sektor pariwisata, perhotelan, restoran, dan sebagainya.

“Kami ingin pastikan bank BUMN segara turunkan suku bunga UKM, sebab banyak yang terdampak,” katanya.

Usulan tersebut telah disampaikan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Selanjutnya, kata Erick, pemerintah dan bank sentral akan membahas mekanisme penurunan suku bunga kredit bagi UKM.

“Poin-poin ini disetujui tadi, termasuk bantuan relaksasi (suku bunga kredit) pada industri yang terdampak seperti hotel pariwisata dan semuanya,” imbuhnya.

Namun demikian, ia memastikan pemerintah masih akan selektif terhadap historis pembayaran cicilan kredit masing-masing UKM. Tak sembarang UKM dapat memanfaatkan fasilitas dari bank BUMN itu.

“Kami utamakan yang track record-nya baik. Kalau selama ini jelek atau menipu ya ambil kesempatan dalam kesempitan,” katanya. (*)

BERITA TERKAIT