Bansos Tunai Cair Februari, Begini Cara Dapat dan Syaratnya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pencairan bansos tunai Rp300.000 akan dimulai lagi pada bulan Februari. Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran Rp12 triliun. Penyalurnya melalui PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp300.000 KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April. Bansos tunai sebelumnya sudah cair pada bulan Januari 2021.

Lalu bagaimana cara mengecek pencairan bansos tunai? Berikut rangkumannya di Jakarta, Senin (25/1/2021). Untuk proses pengecekan daftar penerima bantuan, terdapat perubahan dari cara yang sebelumnya digunakan. Kini masyarakat bisa mengunjungi laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di alamat https://dtks.kemensos.go.id.

Setelah masuk ke laman yang tersebut, bisa langsung mengisi data yang dibutuhkan untuk proses pengecekan. Mulai dari nomor identitas (NIK atau ID DTKS/BDT atau Nomor PBI JK/KIS), kemudian nama sesuai dengan jenis identitas yang digunakan, dan terakhir adalah memasukkan kode unik atau captcha yang tersedia. Terakhir klik Cari.

Namun, ditegaskan bahwa laman tersebut hanya diperuntukkan bagi maysarakat yang ingin mengecek informasi daftar penerima BST, bukan bantuan sosial lainnya, maupun mendaftar sebagai peserta bantuan sosial.

BERITA REKOMENDASI