Bansos Tunai Cair Februari, Begini Cara Dapat dan Syaratnya

Ada tiga jenis bansos yang diresmikan Jokowi dan mulai disalurkan pada 4 Januari 2020. Rinciannya, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian salah satu bantuan PKH yang diberikan adalah untuk ibu hamil dan balita yang mendapatkan masing-masing Rp3juta. Bantuan tersebut diberikan selama satu tahun dan disalurkan dalam empat tahap, yakni pada Januari, Juli, dan Oktober. Penyaluran bantuan melalui Himpunan Bank Negara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN).

Bantuan sosial (Bansos) itu berupa tunai yang masuk ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total anggaran Rp28,7 triliun. Sasaran 10 juta keluarga PKH disalurkan dalam 4 tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Bank HIMBARA. Pada bulan Januari, PKH akan disalurkan dengan anggaran sebesar Rp7,17 triliun.

Untuk program Kartu Sembako/BPNT total anggaran Rp42,5 triliun akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp200 ribu/bulan/KPM. Bantuan disalurkan Januari-Desember 2021.

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran Rp12 triliun. Penyalurnya melalui PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp300 ribu/KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April. (*)

BERITA REKOMENDASI