Bantu Mahasiswa Terdampak Covid-19, Kemendikbud Siapkan Rp 1,007 Triliun

JAKARTA, KRJOGJA.com –  Pada masa pandemi Covid-19 ini, banyak mahasiswa yang tidak dapat membayar uang kuliah karena orang tua mereka terdampak Covid-19. Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) mengalokasikan anggaran bantuan uang kuliah tunggal (UKT) Khusus senilai Rp 1,007 triliun kepada 419.605 mahasiswa selama satu semester.

“Bantuan ini bertujuan untuk memastikan para mahasiswa tersebut tetap dapat melanjutkan kuliah. Bantuan UKT Khusus ini sifatnya hanya sementara untuk mengatasi kondisi darurat saat ini. Ini disiapkan bantuan uang kuliah yang basisnya adalah dukungan untuk membiayai SPP (sumbangan pembinaan pendidikan, red) atau uang kuliah mahasiswa agar mahasiswa tetap kuliah,” kata Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Nizam di Jakarta.

Nizam menjelaskan KIP Kuliah sendiri adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA yang memiliki keterbatasan ekonomi. Kemendikbud mengatakan kuota KIP Kuliah pada 2020 akan diperuntukkan untuk sekitar 400.000 mahasiswa.

BERITA REKOMENDASI