Bantu Mahasiswa Terdampak Covid-19, Kemendikbud Siapkan Rp 1,007 Triliun

Setiap penerima KIP Kuliah akan mendapatkan bantuan Rp6,6 juta per semester, terdiri dari Rp2,4 juta untuk biaya kuliah dan Rp4,2 juta untuk biaya hidup. Sedangkan siswa yang merupakan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) otomatis mendapatkan KIP Kuliah jika diterima di perguruan tinggi.

“Siswa yang sudah mempunyai KIP otomatis mendapatkan KIP Kuliah. Begitu juga dengan siswa yang berasal dari keluarga prasejahtera dari Kemensos, akan menerima KIP kuliah setelah diterima di perguruan tinggi,” ujar Dirjen Dikt Nizam di Jakarta, .

Nizam juga memastikan mahasiswa yang sebelumnya mendapatkan beasiswa Bidikmisi terus berlanjut. “Tidak ada perubahan apapun terhadap program  Bidikmisi,” kata dia.

Untuk beasiswa Bidikmisi semester genap akan dicairkan pada awal Maret 2020. Untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan lulus SMA, SMK, MA/sederajat pada tahun 2018-2020, dipersilakan mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah mulai awal Maret 2020. Pendaftaran dilakukan secara daring pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.(ati)

BERITA REKOMENDASI