Bantu UKM, OJK Keluarkan Berbagai Kebijakan Pasar Modal

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan berbagai kebijakan Pasar Modal sejalan dengan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Hal tersebut diwujudkan dengan menerbitkan ketentuan yang mengakomodir kebutuhan permodalan UKM, dukungan implementasi Undang Undang (UU) Cipta Kerja dan kemudahan penerbitan obligasi daerah.

OJK akan terus mengoptimalkan berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan untuk mendorong PEN melalui penguatan peran sektor jasa keuangan. OJK berkomitmen kuat untuk mendukung program percepatan PEN dan siap mengeluarkan kebijakan stimulus lanjutan secara terukur dan tepat waktu untuk menjaga momentum PEN.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan penerbitan POJK Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding). Regulasi yang baru ini merupakan kebijakan OJK dalam mengakomodir kebutuhan UKM untuk memanfaatkan industri Pasar Modal sebagai sumber pembiayaan dengan cara penerbitan Efek sehingga dapat membantu kebutuhan pengembangan UKM.

“OJK memberikan kemudahan bagi UKM untuk berpartisipasi dalam memanfaatkan industri Pasar Modal dengan memperluas Efek yang ditawarkan bersifat ekuitas (saham) maupun utang dan atau Sukuk. Selain itu, memperluas kriteria Penerbit (issuer) dari yang sebelumnya adalah badan hukum berbentuk PT sekarang boleh berbadan hukum koperasi, maupun yang tidak berbadan hukum seperti Persekutuan Perdata, Firma, atau Persekutuan Komanditer,” kata Wimboh dalam acara Penutupan Perdagangan Bursa Efek Indonesia 2020 di Bursa Efek Indonesia, Rabu (30/12).

BERITA REKOMENDASI