Bantuan Alquran, Gairahkan Mengaji Warga

Editor: Ivan Aditya

LOMBOK, KRJOGJA.com – Jamaah Masjid Al Qadar di Gubuk Baru Dusun Aik Manis Desa Gunung Malang, Lombok Timur yang hancur kena dampak gempa mendapat bantuan Alquran sebanyak 1 dos dari Pembaca Kedaulatan Rakyat (KR) untuk melengkapi kebutuhan mengaji. Sejauh ini jumlah Alquran sangat terbatas, bahkan sebagian sudah terlihat 'lusuh' karena sering dipakai.

Alquran diterima Ketua Takmir Masjid Al Qadar, Suardi, Jumat (26/10/2018). Sekaligus juga dibagikan bantuan selimut, kaos dan air mineral dan akan disusul peralatan pertukangan untuk membangun kembali masjid tersebut.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh wakil para donatur, diantaranya Anggota DPRD NTB, Ir H Moh Edwin Hadiwidjaja MM, pengusaha Suheri Endiko dan para  ustadz yang sering memberikan pengajian di wilayah tersebut.

Setelah peletakan batu pertama kemarin dilanjutkan dengan gotong royong keesokan harinya. Sekaligus juga, hari ini, Sabtu (27/10/2018) dilakukan Baksos Kesehatan yang disenggarakan 'KR' dengan Rumah Sakit Islam (RSI) Namira, Lombok Timur.

Menurut Suardi, Alquran yang diserahkan akan sangat bermanfaat bagi warga Gubuk Baru. Diharapkan akan banyak warga mengaji di masjid, meski bangunannya hanya sementara. "Sejak rusak, kita mendirikan masjid darurat di dekatnya, di tanah milik warga sampai baru terbangun kembali,” tambahnya.

Bantuan Artco dan peralatan pertukangan juga akan membantu warga dalam bergotong royong membangun masjid. Meski bertahap, semoga masjid baru bisa terbangun kembali.

Menurut Suheri, untuk membangunkan kembali masjid, pihaknya membuka donasi. Sambil mengumpulkan dana, dimulai pembangunannya lebih dulu. Saat ini sudah terkumpul Rp 90 juta dari kebutuhan membangun masjid sebanyak Rp 200 juta lebih untuk membangun masjid ukuran yang tidak begitu besar. Diharapkan nantinya bisa dikembangkan lagi.

Menurut Moh Edwin, sangat banyak masjid di Lombok yang terdampak gempa. Untuk mendirikan kembali sangat dibutuhkan peran berbagai pihak. Apalagi di Desa Guning Malang,merupakan wilayah terdampak gempa dengan kerusakan yg cukup besar. (Jon)

BERITA REKOMENDASI