Bantuan Indonesia untuk Rohingya Segera Tiba

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah memastikan bahwa bantuan dari Indonesia untuk Rohingya akan segera tiba di Bangladesh, mengingat tim pendahulu (advance team) sudah tiba di negara yang berbatasan langsung dengan Myanmar itu. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengatakan tim advance ini akan mempersiapkan kedatangan pesawat pembawa bantuan yang akan mendarat di Chittagong.

Dari Chittagong, tim akan menempuh perjalanan sejauh 170 kilometer untuk mengantar bantuan ke Cox's Bazar, daerah kamp pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh dengan Myanmar. “Antara Di Cox’s Bazar dan Chittagong jaraknya 170 kilometer. Kalau dilihat jaraknya tidak panjang, tapi makan waktu tempuh lama," ujar Retno.

Retno mengatakan, pesawat yang mendarat nantinya membawa kloter pertama bantuan dari Indonesia. Ia membuka kemungkinan ada bantuan lain yang akan diserahkan Indonesia. Meski demikian, ia tidak bisa memastikan kapan bantuan ini datang.

“Bantuan ini sudah siap dalam waktu dekat dan banyak sekali pihak yang ingin memberikan bantuan. Dalam waktu dekat, kloter pertama bantuan akan terbang ke Bangladesh,” katanya.

Ia menuturkan, bantuan yang akan diberikan pemerintah Indonesia berupa selimut, baju anak-anak, beras, hingga alat kebersihan. Untuk menentukan daftar bantuan ini, pemerintah sebelumnya telah berkoordinasi langsung dengan pemerintah Bangladesh. (*)

BERITA REKOMENDASI