Banyak Negara Asing Masuk Perairan Indonesia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan China bukan satu-satunya negara yang melakukan pelanggaran wilayah di Indonesia. Ada banyak negara yang melanggar wilayah RI dan masuk ke perairan Indonesia.

"Saya ingin tegaskan lagi di sini, bahwa pelanggaran wilayah tidak hanya terjadi dari satu negara, tapi beberapa negara lain juga melakukan pelanggaran wilayah ke wilayah kita," kata Prabowo.

Namun saat ditanya negara yang telah melalukan pelanggaran wilayah, Prabowo enggan menjawab. Yang jelas, kata Prabowo, DPR telah mendukung pemerintah untuk memperkuat pertahanan Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi mempertahankan wilayah Indonesia. "Saya cukup sebut beberapa negara, ada beberapa negara lain," kata Prabowo.

Prabowo menegaskan Kemenhan bertekad meningkatkan pertahanan negara untuk menghalau negara-negara lain melanggar dan masuk ke wilayah Indonesia. Salah satu langkah yang ditempuh, kata dia, modernisasi alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

"Meningkatkan pertahanan tentunya ya kita perlu modernisasi Alutsista, kita memperbaiki yang kita punya supaya kita punya kemampuan. kKita menegakkan kedaulatan kita," kata dia.

Menurut Prabowo kedaulatan negara tak bisa dinegosiasikan. Maka, kata dia, untuk mempertahankan kedaulatan perlu upaya khusus salah satunya dengan investasi alutsista. (*)

BERITA REKOMENDASI