BAPP Penting Bagi Keberhasilan Pemeriksaan Kecelakaan Kapal

MAKASSAR.KRJOGJA.com – Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Pendahuluan (BAPP) yang akurat sangat penting untuk pemeriksaan lanjutan kecelakaan kapal. Dengan demikian akar masalah atau penyebab kecelakaan dapat ditemukan, sehingga peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

"Pemeriksaan pendahuluan sangat penting dalam suatu proses penyelidikan. Untuk itu perlu adanya peningkatan kualitas dalam pembuatan BAPP," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sugihardjo saat memberi pembekalan pada acara Sosialisasi Pemeriksaan Lanjutan Kecelakaan Kapal, di Makassar, Selasa (10/10/2017) malam.

Pemeriksaan lanjutan kecelakaan kapal adalah kegiatan penyelidikan atau pengusutan dan persidangan suatu peristiwa kecelakaan kapal sebagai tindak lanjut pemeriksaan pendahuluan. "Kalau dalam pembuatan BAPP tidak akurat maka Mahkamah Pelayaran akan kesulitan untuk melakukan penanganan kecelakaan kapal," ujar Sugihardjo.

Sugihardjo mengingatkan, guna mendukung keberhasilan pembuatan BAPP dan pemeriksaan lanjutan kecelakaan sangat diperlukan adanya sinergi antar pihak terkait. "Sinergi penegakan hukum pelayaran sangat penting, terutama para KSOP dan pihak terkait yang berada di lini terdepan penanganan kecelakaan kapal," tegasnya.

Dalam sinergi penanganan kecelakaan kapal tersebut, lanjut Sugihardjo, semangatnya bukan mencari siapa yang salah, tapi apa penyebab kecelakaan itu. "Jadi jangan mencari siapa yang salah, tapi mencari apa penyebabnya, sehingga kecelakaan serupa tidak terulang," ujarnya.

Ketua Mahkamah Pelayaran (Mahpel) Sugeng Wibowo menambahkan, BAPP menjadi acuan utama dalam pemeriksaan lanjutan kecelakaan kapal secara tepat serta seadil-adilnya terhadap seluruh pihak yang terkait. Untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas pengusunan BAPP kecelakaan kapal melalui sisoialisasi bagi para KSOP, KUPP dan para pihak terkait lainnya dalam penanganan kecelakaan kapal.

Menurut Sugeng, sosialisasi dan bimbingan teknis pembuatan BAPP kecelakaan kapal tahun 2017 di Makassar merupakan kegiatan lanjutan yang telah dilakukan di Semarang, Batam dan Bogor tahun 2015/2016. Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menunjang keberhasilan pemeriksaan lanjutan kecelakaan kapal oleh Mahpel. (Imd).

BERITA REKOMENDASI