Batam Siapkan 114 Atraksi di Tahun 2019

BATAM, KRJOGJA.com –  Kota Batam siap tancap gas meningkatkan kunjungan wisatawan melalui atraksi. Tidak main-main, sebanyak 114 agenda pariwisata (calender of event) dipersiapkan untuk tahun 2019.

"Ada 114 event pariwisata yang akan digelar di Kota Batam pada tahun 2019 nanti. Calender of event ini juga sebagai bentuk aplikasi dari pembangunan pariwisata dari sisi atraksi," kata Walikota Batam, Muhammad Rudi, Rabu (2/1).

Rudi menjelaskan, Kota Batam dengan anggaran yang ada akan membangun infrastruktur yang mendukung aksesibilitas wisatawan. Sementara stakeholder lainnya diharap ikut mengembangkan dunia pariwisata melalui penyediaan amenitas dan penyelenggaraan atraksi.

"Bersama-sama akan kita bangun pariwisata Kota Batam. Pemerintah persiapkan infrastruktur, dan swasta berperan melengkapinya. Seperti amenitas dan atraksinya," ungkap Rudi.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan, agenda pariwisata 2019 ini ada yang dilakukan Pemerintah Kota Batam, pihak swasta, komunitas, masyarakat, maupun kolaborasi bersama. "Setiap bulan akan ada kegiatan pariwisata yang menarik. Baik untuk wisatawan mancanegara maupun nusantara," kata Ardi.

Pada Januari, terdapat lima agenda pariwisata. Di antara Nongsa Regatta, BSGS Golf Tournament Nongsa, Ruggedian Asia Obstacle Fun Run, STQ Tingkat Kelurahan, dan Batam Outer Road Batam Real Mountain Bikers.
Pada Februari akan ada 10 kegiatan. Antara lain Nongsa Neptune Regatta Batam-Bintan-Lingga, Society of Singapore Golfer, Imlek Festival dan Barongsai Show, Chinese New Year Batam View, Tiongkok New Year Eve, BP Batam Golf Series, Tering Bay Spin Golf Gathering, Jong Festival, SPGA Golf Tournament, Bajafash, dan STQ tingkat kecamatan. "Agenda pariwisata paling banyak ada di bulan Maret. Bakal ada 15 agenda pariwisata di Kota Batam," kata Ardi.

Agenda di Bulan Maret ada Cruise to Jakarta, Herbs Memorial Golf Tournament, Kepri Travel Mart, International Photo Fiesta Nongsa Sensation, International Master Endyro, Photo Marathon, Mandarin Artist Shopping Dining and Concert, ASEAN Senior Master Golf Tournament, International Surfcasting Tournament, Triangle Tourism Travel Mart, Tanah Merah Country Club Golf Trip, Festival Makanan Melayu, dan Titian Muhibah Serumpun Indonesia.

"Di bulan April ada sembilan kegiatan. Yaitu Largest Zumba Gathering, Nongsa Challange, Equator Cruise III, Festival Kampung Tua, SIA Pillot & Cabin Crew Golf Tournament, Tering Bay Spin Golf Gathering, Batam Food Fiesta, Kejuaraan Internasional Karate Piala Wali Kota, Fashiontastetic Week, dan Famtrip Natuna Anambas," sebutnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Boeralimar sangat senang dengan gebrakan yang dilakukan Batam. “Kita dari provinsi sangat mendukung. Karena, kemajuan yang diperlihatkan Batam akan berdampak juga terhadap Kepulauan Riau. Kita berharap daerah-daerah di Kepulauan Riau punya motivasi yang sama besar untuk memajukan pariwisata,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI