Baznas DIY Serahkan Bantuan Korban Semeru

Editor: Ary B Prass

LUMAJANG, KRJOGJA.com –  Badan Amil Zakat Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (Baznas DIY) menyerahkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru. Donasi sebesar Rp 307.500.000 diserahkan Ketua Baznas DIY Dra Hj Puji Astuti MSi kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq di kantornya, Jumat (31/12/2021). Penyerahan disaksikan para pimpinan Baznas se-DIY.
Ketua Baznas DIY Puji Astuti menjelaskan, donasi sebanyak itu dikumpulkan oleh Baznas DIY dan Baznas Kabupaten/Kota se-DIY. Selain diserahkan langsung kepada Bupati Lumajang, donasi sebesar Rp 50.000.000 untuk korban  Semeru melalui Baznas RI.
“Kami merasa ikut bersedih atas musibah yang menimpa warga Lumajang. Karena itu kami berusaha mengumpulkan bantuan semampunya, ‘ jelasnya.
Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengucapkan terimakasih atas bantuan yang dikumpulkan Baznas se-DIY. Bantuan tersebut akan digunakan untuk membuat hunian sementara atau Huntara di tempat relokasi.
“Jumlah penduduk yang harus direlokasi sebanyak 2.500 KK. Setiap Huntara biayanya sekitar Rp 15 juta sehingga dibutuhkan dana sekitar Rp 30 miliar. Selain itu tentu saja juga dibutuhkan biaya untuk membuat fasilitas umum, ” jelasnya.
Dijelaskan, peletakan batu pertama pembangunan Huntara dilakukan Jumat (31/12/2021).  Nantinya hunian tetap atau huntap dibangun di depan setiap Huntara, sehingga bisa nyambung. Dengan begitu sejak awal Huntara dibuat dengan kualifikasi baik sehingga bisa tahan lama seperti hal huntap.  (Fie) 

BERITA REKOMENDASI