BAZNAS Dorong Kebangkitan Usaha Mustahik di Tengah Pandemi

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) terus mendorong kebangkitan usaha mustahik binaan di tengah pandemi Covid-19 karena hal itu turut dirasakan pelaku usaha mikro sehingga mengalami penurunan omzet. Hal itu juga berimbas kepada sulitnya mengembangkan usaha akibat ketersediaan modal yang menipis.

“Untuk itu, BAZNAS turut membantu mitra mustahik lain untuk berkembang bersama, terlebih di masa pandemi saat ini yang dampaknya menyasar berbagai sektor. Selain modal tanpa bunga dan pembinaan, BAZNAS juga membantu pengurusan izin agar mustahik memiliki legalitas usaha,” kata Pimpinan BAZNAS RI, Saidah Sakwan, MA, di Jakarta, Jumat (16/4/2021).

Terkait hal itu ia menyebutkan salah seorang mitra mustahik BAZNAS yang dibantu adalah Anwar, pelaku usaha frozen food binaan BMD Bojong Rangkas. Saidah menyebutkan, yang bersangkutan dibantu fasilitasi pengurusan izin usaha dengan mendaftarkan penyuluhan keamanan pangan.

Anwar adalah contoh mitra mustahik BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bojong Rangkas, Ciampea, Kabupaten Bogor, yang mengalami penurunan omzet selama pandemi.

Lesunya kondisi ekonomi akibat pandemi membuat omzet usaha ‘Akar Frozen Food’ milik Anwar merosot hingga 50 persen. Namun, kondisi usaha yang semakin menurun tidak menghentikan semangat Anwar dalam menjalankan usahanya. Sebab, pembiayaan usaha yang diterimanya digunakan untuk membeli bahan baku dan kemasan untuk menunjang usaha.

BERITA REKOMENDASI