Baznas Salurkan Zakat Fitrah Lebih Awal Bagi Terdampak Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA mengatakan, untuk menjalankan protokol pencegahan Covid-19 dan meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung, dan membuka gerai di tempat keramaian Baznas sejak awal telah bergerak cepat untuk memaksimalkan potensi zakat online yang telah dimulai sejak 2016 lalu.

“Dan saat ini Baznas sudah membuka layanan zakat fitrah secara online yakni di web baznas.go.id/zakatfitrah, Kitabisa di kitabisa.com/zakatfitrah, Tokopedia di bit.ly/zakat-fitrah-tokopedia, dan Shopee di bit.ly/zakat-fitrah-shopee. Baznas berupaya memberikan akses paling mudah untuk melayani masyarakat dalam menunaikan kewajiban zakatnya,” jelas Bambang dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (18/5/2020).

Zakat secara online, menurutnya, tidak mengurangi syarat sahnya berzakat. Baznas telah menyediakan sistem sedemikian rupa, untuk menjawab keraguan praktik ibadah zakat dengan sistem online. Selain itu zakat online juga masih dapat dilakukan dengan akad zakat, kemudian penerimaan zakat dan doa yang diberikan secara online dari petugas zakat.

“Semoga masyarakat dapat segera menjalankan kewajiban membayar zakatnya dalam momentum ramadhan ini melalui BAZAS untuk menjadi bagian membantu masyarakat yang membutuhkan,” tutur Bambang.

BERITA REKOMENDASI