Beberapa Daerah Mulai Hentikan Penyaluran Bansos

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Sosial (Kemensos) mengungkap mulai kesulitan mengatasi kekurangan jumlah bantuan sosial (bansos) di beberapa daerah. Pasalnya, beberapa pemerintah daerah (Pemda) memutuskan tak melanjutkan bantuan ke masyarakat karena keterbatasan APBD.

Sementara pemerintah pusat masih memperpanjang penyaluran bansos hingga Desember 2020. Kondisi ini membuat Kemensos juga harus menanggung anggaran bansos warga yang sebelumnya menerima bantuan dari Pemda.

Jika hal tersebut tak dilakukan, dikhawatirkan penyaluran bansos pemerintah pusat akan menimbulkan friksi antar masyarakat. “Memang agak berat bagi kami sekarang. Kenapa? karena APBN ini kan lanjut sampai Desember, sedangkan APBD nya itu banyak daerah yang tidak melanjutkan karena keterbatasan fiskal,” ujar Staf Ahli Kementerian Sosial Andi Dulung.

Meski demikian, lanjut Andi, Kemensos memaklumi rendahnya kemampuan pemerintah daerah dalam membiayai bantuan sosial. Pasalnya, pandemi membuat Pendapatan Asli Daerah (PAD) benar-benar tergerus. (*)

BERITA REKOMENDASI