BeKraf Tetapkan 5 Kota Untuk Program IKKON 2017

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) menetapkan lima kota di Indonesia untuk pelaksanaan Program IKKON (Innovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara). Program yang digulirkan sejak tahun lalu itu merupakan bagian dari pengembangan ekonomi kreatif.

"IKKON merupakan program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia. Tujuannya untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal," kata Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf saat neluncurkan Program IKKON 2017, di Jakarta, Jumat (07/07/2017).

Dijelaskan Triawan, Kegiatan Program IKKON bersifat komprehensif karena melibatkan beberapa personil dengan berbagai latar belakang pendidikan dalam satu tim. Kegiatan ini juga berkesinambungan dalam jangka waktu cukup panjang, yaitu sekitar lima bulan.

Adapun lima kota yang dipilih untuk pelaksanaan Program IKKON tahun ini adalah Banyuwangi, Bojonegoro, Banjarmasin, Belu dan Toraja Utara. "Diharapkan para peserta program dan masyarakat lokal dapat saling berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi sehingga dapat saling memperoleh manfaat," kata Triawan.

Menurut Triawan, salah satu nilai lebih dari Program IKKON adalah ethical benefit sharing atau saling memperoleh manfaat secara etis. Para desainer mendapatkan royalti atas hak ciptanya, sementara para pelaku kreatif lokal memperoleh hak atas jasa produksi yang layak.

Triawan juga mengungkapkan, saat ini sedang disiapkan wadah untuk para alumni IKKON dalam bentuk koperasi. (KOPIKKON). Tujuannya agar kolaborasi yang dirintis antara tim terdahulu dengan pelaku kreatif di daerah-daerah kegiatan IKKON dapat terus berlanjut. (Imd)
    

BERITA REKOMENDASI