Belanja Alutsista Terimbas Covid-19, Kemhan Atur Prioritas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Belanja alat utama sistem persenjataan (alutsista) Kementerian Pertahanan turut terdampak merosotnya fiskal atau pendapatan negara akibat pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan. Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-Lembaga Dahnil Anzar Simanjuntak.

“Kalau ada yang terpengaruh, pasti karena kapasitas fiskal kita agak melemah begitu, dan itu adalah fakta,” kata Dahnil.

Imbas dari hal itu, Kemenhan pun menetapkan skala prioritas dalam hal belanja pertahanan. Kementerian pimpinan Prabowo Subianto itu memilah persenjataan yang dianggap sangat esensial diperlukan dan tidak terlalu membebankan keuangan negara.

“Kami di Kemhan itu berusaha untuk menetapkan priorotas. Kira-kira prioritas belanja pertahanan yang opportunity cost-nya lebih tinggi,” kata Dahnil.

Misalnya, kata Dahnil, sebagai contoh adalah pembelian kapal untuk menambah sistem pertahanan di perbatasan. Pembelian kapal ini akan dilihat seberapa penting hal itu dilakukan saat ini. (*)

BERITA REKOMENDASI