Bengkel APM Bisa Lakukan Uji KIR

JAKARTA.KRJOGJA.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengujian berkala kendaraan bermotor (KIR) oleh pihak swasta, yang dalam hal ini dilakukan Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan bermotor. 

Diharapkan, dengan dilibatkannya pihak swasta dalam pengujian kelaikan kendaraan ini, aspek keamanan dan keselamatan kendaraan bisa lebih ditingkatkan, utamanya pada kendaraan niaga atau angkutan umum.  "Pemerintah dengan tulus dan tegas memberikan dukungan kepada swasta untuk melakukan pengujian. Bagi pemegang merek, ini sekaligus bisa melakukan pemeliharaan bagi mobil yang sudah beroperasi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi, saat meresmikan Unit Pelaksana Uji Berkala Agen Pemegang Merek, di bengkel Astra Internasional-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Pluit, Jakarta Utara, Senin (22/05/2017).

Pengoperasian fasilitas uji KIR oleh APM ini akan diuji coba terlebih dahulu selama tiga bulan dan pelayanan diberikan secara gratis. Mereka boleh memungut dan menentukan tarif, setelah pihak benar-benar siap dalam melayani uji KIR, termasuk juga dari segala aspek pendukungnya.

Menhub mengatakan, pihaknya memberikan waktu dua tahun kepada pihak APM untuk mempersiapkan dari sisi fasilitas, tanaga ahli, metode atau sistem yang akan digunakan untuk mengelola pengujian KIR, termasuk sistem IT dan juga pentarifan bagi jasa pengujian. “Ke depan, Pemerintah hanya menjalankan fungsi regulasi saja, sedangkan pengujian termasuk perbaikan akan diserahkan kepada swasta APM,” jelasnya.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto Iskandar menambahkan, pemberian wewenang pengujian KIR oleh swasta itu dilakukan sebagai implementasi dari Undang-undang (UU) maupun peraturan Menteri Perhubungan yang sebenarnya telah lama diterbitkan namun belum dijalankan. “Pelaksanaan KIR ini adalah aktualisasi dari UU yang ada. Ada 4 peraturan, UU nomor 22 tahun 2009, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55, Permenhub Nomor 133 Tahun 2015 dan Permenhub Nomor 156 Tahun 2015,” ungkapnya. 

Penyelenggaraan uji berkala kendaraan oleh swasta ini disambut baik oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia. Pasalnya, pelaksanaan uji KIR tersebut bisa menjadi ajang promosi pelayanan after sales servis yang diharapkan mampu mendorong angka penjualan kendaraan bermotor. (Imd)

BERITA REKOMENDASI