Bentuk Penghargaan, BNPB Resmikan Ruangan Sutopo

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meresmikan sebuah ruang serbaguna bernama Dr. Sutopo Purwo Nugroho. Ruangan ini berada di lantai 15 Graha BNPB, Jakarta Timur.

Peresmian dilakukan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dengan diikuti oleh istri dan kedua anak almarhum Sutopo pada Kamis (1/8/2019).

"Dengan membuka tirai ini saya resmikan Ruangan Serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho," kata Doni, Kamis (1/8/2019).

Mendiang Sutopo dikenal sebagai sosok yang selalu terdepan dalam kabar kebencanaan. Baginya, informasi mengenai kebencanaan harus sampai kepada masyarakat secepat mungkin, dalam situasi apa pun. Tujuannya satu, sebagai bentuk mitigasi bencana.

Sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo selalu bekerja menyajikan informasi secepat mungkin. Meski kondisi kesehatannya menurun, Sutopo tetap mendedikasikan dirinya untuk kepentingan orang banyak.

Seperti diketahui, dua tahun sebelum wafatnya, kanker menggerogoti tubuh Sutopo. Namun, di tengah rasa sakitnya melawan kanker, Sutopo tetap melayani pertanyaan wartawan terkait kebencanaan di suatu daerah.

Sutopo dengan sabar meladeni setiap pertanyaan. Jika muncul bencana baru, Sutopo pula yang dengan cepat menyebarkan informasi secara luas agar tak timbul kepanikan dan informasi tak benar mengenai bencana yang terjadi.

Salah satu yang berkesan ketika Sutopo ikut terlibat aktif memberikan informasi kebencanaan saat krisis Gunung Agung pada 2017. Hampir saban hari, setiap ada peristiwa baru dalam hal informasi Gunung Agung, Sutopo sigap memberikan data untuk disajikan kepada masyarakat.(*)

BERITA REKOMENDASI