Berantas Pungli Butuh Keseriusan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Kerja memberangus pungutan liar (Pungli) harus berkesinambungan. Jangan sampai berujung sia-sia seperti sebelumnya. Pemberantasan Pungli harus berhasil dan menghadirkan manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat di semua pelosok negeri.

Ketua Komisi III DPR Fraksi Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan, semua elemen masyarakat mendukung dan mengapresiasi kesungguhan pemerintah memberantas Pungli. Bagi masyarakat sebagai konsumen ragam jasa dari pemerintah pusat dan daerah, keberhasilan Satgas Saber Pungli hanya diukur dari dua indikator, pertama, berkurangnya praktik pungli pada semua lini layanan publik. Kedua, tumbuhnya efek jera dari pegawai negeri sipil dan pegawai daerah melakukan pungli.

"Upaya mengurangi praktik Pungli tentu saja bergantung pada dua hal, yakni efektivitas kerja tim Saber Pungli, dan kesungguhan pengawas internal pada setiap institusi (inspektorat Jenderal) meningkatkan efektivitas pengawasan. Dan, jangan lupa bahwa praktik Pungli nyaris sudah menjadi kebiasaan tak tertulis.Karena itu, tidak realistis jika diasumsikan Pungli bisa diberantas dalam waktu singkat," katanya.

Dia mengatakan, bisa diprediksi bahwa Satgas Tim Saber Pungli memerlukan kerja tahunan untuk mewujudkan keberhasilan yang maksimal. Lebih dari itu, kata dia, kerja memberantas Pungli tidak akan bisa mencapai hasil yang diharapkan jika hanya dilakoni dengan sekadar menangkap dan menjatuhkan sanksi ala kadarnya kepada oknum pelaku Pungli. Jauh lebih penting adalah upaya menumbuhkan efek jera.

"Maka, pelaku pungli yang terbukti harus diganjar dengan sanksi keras. Sebab, hasil maksimal dari pemberantasan Pungli ditentukan oleh efek jera. Para petugas pelayan publik harus dibuat takut atau jera untuk melakuan Pungli," tuturnya.

Dia menuturkan, efek jera ditentukan oleh berapa berat sanksi yang dijatuhkan terhadap oknum yang terbukti melakukan Pungli. "Kalau ukuran sanksi terbilang ringan, Pungli akan sulit dihilangkan, sama seperti korupsi. Kemungkinan inilah yang perlu dikaji pemerintah, agar hasil kerja Satgas Saber Pungli tidak sia-sia nantinya," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI