Berhemat, Helikopter Agusta Westland Batal Dibeli

SITUBONDO (KRjogja.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, prioritas dan pemotongan anggaran adalah untuk hal-hal yang tidak perlu. Hal itu juga sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2016.

Adapun anggaran-anggaran itu yang tidak memberi efek apapun misalkan perjalanan dinas, anggaran rapat-rapat, consinyering, dan pembelian barang-barang yang bisa ditunda yang belum perlu.

Hal itu termasuk dalam kaitan yang dianggap bisa ditunda karena belum perlu. Jokowi mencontohkan helikopter Agustus, Agusta Westland (AW) 101. Helikopter ini diinginkan oleh TNI Angkutan Udara untuk dibeli dengan menggunakan anggaran tahun 2016.

"Pembelian barang-barang yang bisa ditunda yang belum perlu seperti tadi helikopter Agusta, helikopter AW, saya kira sama," ujar Jokowi, Kamis (15/9/2016).

Jokowi menjelaskan, pemerintah melihat kegunaannya, apakah sudah sangat-sangat mendesak, dan itu masih dalam kajian di Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP). Selain itu juga masih dikalkulasi dan dihitung oleh panglima TNI. (*)

BERITA REKOMENDASI