Berkontribusi Majukan Pendidikan Vokasi, Banyak Industri Raih Penghargaan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek akan menggelar DUDI Awards tahun 2021. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang selama ini telah berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan vokasi di Tanah Air.

Rangkaian kegiatan DUDI Awards 2021 ini dimulai dari sosialisasi program pada tanggal 15 November 2021 hingga penyelenggaraan malam puncak anugerah pada 15 Desember 2021 mendatang.

Vokasi sendiri dikenal sebagai program pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan tenaga yang ahli dan terampil di bidangnya. Maka dari itu, pendidikan vokasi memiliki posisi yang strategis sebagai tulang punggung untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi, produktivitas dan daya saing. Salah satu ciri khas dari pendidikan vokasi yakni kedekatan dengan DUDI melalui kemitraan, baik pada proses pembelajaran, pengembangan, penguatan SDM, hingga perekrutan lulusan vokasi.

“DUDI Awards ini idenya karena dengan kemitraan yang selama ini sudah terjalin antara industri dengan satuan pendidikan vokasi, kami ingin memberikan apresiasi yang formal dan masiv untuk industri yang sudah link and match dengan satuan pendidikan vokasi,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Wikan Sakarinto dalam Webinar, Selasa (23/11/2021) malam.

Dirjen Wikan menyebut, link and match akan mendorong kemitraan yang sifatnya tidak hanya menguntungkan pihak pendidikan vokasi, tetapi justru juga memberikan keuntungan bagi industri (mutual benefit). Maka dari itu, penyelenggaraan DUDI Awards 2021 bertujuan untuk menstimulasi agar semakin banyak industri baru yang ingin bekerja sama dengan satuan pendidikan vokasi. Tidak hanya itu DUDI Awards 2021 juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kemitraan dan menjaga keberlanjutan kontribusi DUDI kepada pendidikan vokasi yang sudah terjalin.

“DUDI Awards akan menjadi momentum untuk saling menyadari antara vokasi dengan DUDI bahwa jika sinergi keduanya berjalan, maka akan timbul proses bisnis yang saling menguntungkan. Selain melalui usulan dari satuan pendidikan vokasi, tentunya kami juga memiliki teropong lain dalam melihat DUDI yang selama ini sudah menjalankan link and match, semua nanti akan kami rekap,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI