Bertemu Pangab Pakistan, Panglima TNI Bicarakan Ini

JAKARTA (KRjogja.com) – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima kunjungan kehormatan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Pakistan Jenderal Rashad Mahmood, NI (M) di Ruang Tamu Panglima TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/9/2016). Kunjungan kehormatan Pangab Pakistan ke Mabes TNI merupakan kelanjutan kunjungan sebelumnya, sejak tahun 1996 lalu. Dalam kunjungan kali ini, Pangab Pakistan didampingi oleh Dirjenopsren Pakistan Mayjen Musarrat Nawaz Malik, Koorspri Pangab Pakistan Brigjen Muhammad Aqeel dan Athan Pakistan Kolonel Muhammad Shahid Siddeeq.

“Hubungan kerja sama  militer yang telah lama dan terjalin dengan baik selama ini perlu kita tingkatkan, bagi Indonesia lebih baik mempunyai 1000 teman daripada satu musuh,” jelas Panglima TNI.

Kerjasama kedua Angkatan Bersenjata memiliki nilai manfaat dihadapkan dengan banyaknya persamaan kondisi ancaman dan tantangan yang dihadapi dalam perkembangan lingkungan strategis.

“TNI juga menggunakan F-16, jadi bisa latihan bersama-sama dan ditingkatkan serta perlu adanya sharing informasi dalam mengatasi aksi terorisme, karena aksi terorisme tidak bisa diprediksi,” tegas Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Pangab Pakistan juga menyampaikan, bahwa untuk meningkatkan kerjasama kedua Angkatan Bersenjata, TNI dan Angkatan Bersenjata Pakistan telah menandatangani  kesepakatan kerjasama yang mencakup di bidang pertahanan dalam dua tahun terakhir ini dan berharap pertemuan ini merupakan refleksi dalam meningkatkan dan melanjutkan hubungan kerjasama yang baik.

“Salah satu wujud dari meningkatkan kerjasama ini adalah dilakukannya kerjasama pertahanan antara kedua Angkatan Bersenjata dalam bentuk Joint Working Group (JWG) serta dapat direalisasikan dalam waktu dekat,” katanya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI