BI Segera Luncurkan Uang Bergambar Frans Kasiepo

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA (KRjogja.com) – Bank Indonesia (BI) akan segera meluncurkan uang kertas Negara Kesatuan Republik Indonesia pecahan sepuluh ribu rupiah bergambar Frans Kaisiepo, pahlawan nasional dari Papua.

"Uang baru itu akan mengganti pecahan lama yang sebelumnya bergambar Sultan Mahmud Badaruddin II," kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat, Agus Hartanto mengatakan.

Ia menjelaskan, penetapan Frans Kasiepo sebagai gambar pada uang kertas tersebut dilakukan sesuai Keputusan Presiden Nomor 31 tahun 2016. Selain pecahan Rp10 ribu, BI pun akan mencetak uang pecahan lain dengan gambar pahlawan yang berbeda.

Desain baru dari uang pecahan tersebut sudah siap dari pecahan Rp10 ribu hingga Rp100 ribu. Agus mengutarakan, penetapan gambar pahlawan nasional dalam mata uang dilakukan melalui koordinasi antara BI dengan Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, Sekretaris Kabinet, serta Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, penetapan itu pun dilakukan melalui persetujuan penggunaan gambar dari ahli waris pahlawan nasional tersebut.

Penetapan Frans Kaisiepo, katanya, sudah melalui seluruh proses tersebut. Pahlawan kelahiran Biak, Papua 10 Oktober 1912 itu akan segera menghiasi bagian depan uang kertas Rp10 ribu.

Selain Frans Kaisepo, BI pun akan mencetak uang pecahan bergambar 11 pahlawan lainnya, yakni Ir Soekarno dan Drs Mohammad Hatta, Ir H Djuanda Kartawidjaja, Dr GSSJ Ratulangi, Dr KH Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, Tjut Meutiah, Mr I Gusti Ketut Pudja, Letnan Jenderal TNI (Purn) Tahi Bonar Simatupang, Dr Tjipto Mangunkusumo, dan Prof Dr Ir Herman Johanes. (*)

BERITA REKOMENDASI