BI Tahan Suku Bunga Acuan 5 Persen

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan (BI 7 Days Reverse Repo Rate/7DRR) di posisi 5 persen pada November 2019. Begitu pula dengan tingkat suku bunga deposit facility dan lending facility masing-masing tetap di 4,25 persen dan 5,75 persen.

"Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada tanggal 18-19 Desember 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 5 persen," ucap Gubernur BI Perry Warjiyo.

Perry mengatakan keputusan ini dipengaruhi oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 3 persen pada tahun ini. Proyeksi ini terpengaruh hubungan dagang Amerika Serikat dan China yang membaik dengan kesepakatan yang baru saja terjadi pekan lalu.

Selain itu, ada titik terang dari proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Hanya saja, sejumlah risiko geopolitik diperkirakan masih berlanjut.

"Pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan 3 persen pada 2019, menurun dari posisi 3,6 persen pada 2018. Kami perkirakan meningkat secara terbatas menjadi 3,1 persen pada 2020," ucap Perry. (*)

BI

BERITA REKOMENDASI