Bio Farma Bantah Vaksin China Kemahalan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bio Farma membantah harga vaksin Covid-19 Sinovac di Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan vaksin corona di Brasil.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menyampaikan Sinovac Biotech telah membantah bahwa vaksin di Brasil lebih murah dibanding Indonesia.

Honesti memastikan harga vaksin Sinovac akan dijual sekitar Rp200 ribu. Sebelumnya tersiar kabar bahwa Sinovac akan menjual vaksin jauh lebih murah di Brasil, sekitar Rp29 ribu.

Sinovac melakukan uji klinis tahap III vaksin corona miliknya di beberapa negara, salah satunya Indonesia dan Brasil.

“Kami sudah lakukan konfirmasi ke Sinovac dan mereka katakan bahwa informasi itu tak berdasar. Sinovac katakan bahwa berita itu tidak benar,” ujar Honesti.

Honesti menyampaikan perhitungan harga vaksin sudah melewati standar structure costs yang sudah disepakati secara global. Selain itu, Honesti juga menyampaikan ada faktor investasi yang menentukan harga vaksin.

“Ada faktor investasi yang kita lakukan seperti misalkan untuk lakukan uji klinis,” ujar Honesti.

Honesti menyampaikan pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memastikan harga vaksin Covid-19 masih dalam batas wajar. (*)

BERITA REKOMENDASI