Black Box JT-610 Ditemukan Utuh

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 sudah ditemukan di perairan Karawang pada siang ini. Dansatgas SAR TNI AL Kolonel Laut Iswarto mengatakan saat ditemukan black box dalam kondisi fisik yang utuh. Kotak hitam itu ditemukan oleh penyelam dari kapal Baruna Jaya I.

"Masih bagus, tinggal tunggu aja ada dokumentasi dan rilis tersendiri," kata Iswarto.

Iswarto menerangkan black box Lion Air JT-610 ditemukan di Laut Karawang, dengan titik koordinat 05° 48' 46,2" LS dan 107° 07' 36,88" BT. Kotak hitam ditemukan sekitar pukul 09.30 WIB.

Iswarto tak merinci lebih jauh soal kondisi atau proses penemuan kotak hitam tersebut. Dia hanya menyatakan setelah ditemukan, kotak hitam akan diserahkan ke pihak berwenang dalam hal ini Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Kewenangan saya mencari, menemukan. Saya serahkan ke pihak berwenang," ujar dia.

Penemuan kotak hitam Lion Air JT-610 juga dibenarkan Kadispen TNI AL Kolonel Laut Mohamad Zaenal. Zaenal mengatakan kotak hitam ditemukan tim Penyelam Taifib Marinir, dan sudah diangkut ke kapal Baruna Jaya I.

"Sudah confirmed ditemukan oleh Satgas SAR TNI AL, selanjutnya diserahkan kepada KNKT," kata Zaenal saat dihubungi. "Data pendukung akan di update lebih lanjut," lanjut dia.

Kotak hitam itu disebut ditemukan penyelam Sertu Hendra. Benda tersebut lantas dimasukkan ke dalam kotak plastik berwarna putih dan tutup berwarna biru. (*)

BERITA REKOMENDASI