BLANJA.com Pertemukan UKM Dengan Generasi Melek Teknologi

Editor: KRjogja/Gus

Kemenkominfo bersama satu-satunya marketplace yang didukung oleh provider terbesar di Indonesia, BLANJA.com bekerjasama dengan #PahlawanDigital menggelar kegiatan roadshow bertajuk UKM Go Online Road to One Million di aula lantai 5 Gedung Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim belum lama ini. Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 500 UKM ini juga didukung penuh oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Malang.

Bagi BLANJA.com, Malang menjadi kota ke-6 dari rangkaian UKM Go Online bersama Kemenkominfo, setelah sebelumnya roadshow ke kota Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi. Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UKM lokal dan saat ini ditambah dengan 500 UKM Malang yang siap Go Online.

Di acara roadshow ini, UKM akan diedukasi tentang dunia online dan difasilitasi untuk mempraktikkan teknik foto produk yang baik untuk diunggah ke satu – satunya e-commerce BUMN, yaitu BLANJA.com.

Mengusung tagline “#BLANJAjemputUKM”, BLANJA.com berharap UKM #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional. Harapannya, dengan sinergi bersama kali ini, UKM kota Malang bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online. “Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuka toko online hingga bagaimana cara mengelolanya”, ujar Fikri selaku Vice President BLANJA.com.

Dikesempatan lain, Septriana Tangkary selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, menyatakan Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. Untuk itu, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional.

Melalui sinergi ini, kesempatan para pelaku UKM untuk Go Online semakin besar dan akan terus berlanjut ke kota-kota lain di Indonesia. Khusus di Malang, BLANJA.com juga mengajak komunitas walkingalam untuk membantu menyuarakan digitalisasi UKM melalui kompetisi foto di akun Instagram.

Tak hanya itu, saat ini BLANJA.com juga dalam proses menyiapkan dan menyeleksi dan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional. (*)

BERITA REKOMENDASI