BLT Pegawai Gaji Dibawah Rp 5 Juta Bakal Dilanjutkan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan melanjutkan pemberian bantuan untuk usaha mikro (BPUM) Rp2,4 juta per penerima dan program kartu prakerja pada 2021 mendatang. Kedua program tersebut dilanjutkan dengan tujuan menjaga daya beli masyarakat di tengah rencana pemulihan ekonomi nasional (PEN) akibat pandemi virus corona atau covid-19.

“Bantuan Presiden untuk UMKM akan dilanjutkan. Kemudian, kartu prakerja,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan PEN Airlangga Hartarto.

Kendati demikian, ia belum menjelaskan lebih lanjut mengenai nominal, durasi, sasaran, dan mekanisme pemberian bansos tersebut apakah sama dengan penyaluran pada tahun ini.

Pada program bantuan untuk usaha mikro, Jokowi memberikan bantuan kepada 12 juta UMKM dengan nominal Rp2,4 juta per penerima.

Sementara, untuk kartu prakerja dibuat sebagai program semi bansos yang turut memberikan pelatihan kepada pesertanya.

Saat ini, kartu prakerja diberikan kepada 5,6 juta penerima dengan nominal masing-masing Rp3,55 juta per peserta. Terdiri dari insentif Rp2,4 juta, biaya pelatihan Rp1 juta, dan bonus survei Rp150 ribu.

Selain kedua program itu, Jokowi juga akan melanjutkan dengan gaji di bawah Rp5 juta per bulan. “Bantuan subsidi gaji, itu akan dilanjutkan pada kuartal pertama tahun depan,” katanya. (*)

BERITA REKOMENDASI