BNPB Dapat Kucuran Dana Rp 3 Triliun

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan pihaknya telah menerima dana sekitar Rp 3 triliun untuk penanganan virus corona (Covid-19).

Dia menerangkan, dana pertama yang diterima berjumlah Rp356 miliar. Menurutnya, dana tersebut telah disalurkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk kemudian diprioritaskan guna membeli alat pelindung diri (APD) hingga alat rapid test.

“Ini telah disalurkan kepada Kemenkes, dalam hal ini adalah PPK yang berasal dari pusat kritis. Prioritasnya adalah pembelian APD, kemudian rapid test, reagen, swab, ventilator, (dan) masker untuk dokter dan para perawat,” kata Doni.

Kemudian, lanjut Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 itu, tahap kedua BNPB menerima dana sebesar Rp2,78 triliun pada 30 Maret 2020 lalu.

Menurut Doni, dana tersebut akan digunakan untuk pelayanan kesehatan termasuk pencegahan, pengendalian penyakit, farmasi dan alat kesehatan, hingga penelitian dan pengembangan oleh Kemenkes. (*)

BERITA REKOMENDASI