Bogor Daerah Penyelenggara Sertifikasi Ulama Indonesia

Editor: Ivan Aditya

BOGOR, KRJOGJA.com – Kabupaten Bogor menjadi satu-satunya daerah yang melakukan pengkaderan dan sertifikasi ulama di Indonesia. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengapresiasi kegiatan itu karena dilakukan setiap tahun selama 11 kali berturut-turut sampai sekarang.

Kepada ribuan ulama dan tokoh masyarakat yang menghadiri acara itu, Lukman berpesan agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, pengkaderan ulama melalui tahap pendidikan dan sertifikasi itu bisa menambah wawasan dan pengetahuan para calon ulama di Kabupaten Bogor. Khususnya pengetahuan berbangsa dan bernegara berlandaskan Pancasila.

"Saya harap bisa muncul kearifan mereka dalam melihat, menyikapi dan menyelesaikan berbagai macam persoalan yang dihadapi masyarakat," kata Lukman.

Dalam pidatonya Lukman meminta para ulama menjelaskan Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila dianggap sejalan dengan ajaran agama karena makna yang terkandung di tiap sila dan butirnya mencerminkan nilai-nilai religius dan agamis. (*)

BERITA REKOMENDASI