Bojonegoro Dapat Tambahan Pupuk Subsidi 13.026 Ton

JAKARTA (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, memperoleh tambahan pupuk bersubsidi 13.026 ton untuk mencukupi kebutuhan kekurangan pupuk pada musim tanam (MT) I pada November-Desember 2016. 

"Adanya kepastian tambahan alokasi pupuk bersubsidi bagi Bojonegoro kami terima dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Timur, dua hari lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro Akhmad Djupari di Bojonegoro, Sabtu (05/11/2016).

Ia merinci tambahan alokasi pupuk bersubdi untuk Urea 10.850 ton, ZA 1,526 ton, Phonska 1.470 ton, sedangkan Petroganik tidak ada tambahan dan SP-36 justru dikurangi menjadi 169 ton. Menurut dia, tambahan alokasi pupuk bersubsidi di daerah itu berasal dari daerah lain yang tidak mampu menyerap pupuk bersubsidi. 

"Pupuk bersubsidi alokasi daerah lain yang tidak diserap itu kemudian dialokasikan ke Bojonegoro," ucapnya. Dengan adanya tambahan pupuk bersubsidi itu, menurut dia, daerahnya tidak akan kekurangan pupuk pada MT I. "Saya kira aman kebutuhan pupuk petani pada MT I dengan adanya tambahan alokasi pupuk itu. Rencananya akan kami alokasikan sesuai kebutuhan di setiap kecamatan pekan depan," katanya. 

Sebelumnya, menurut dia, dinas pertanian sudah mengajukan tambahan alokasi pupuk bersubsidi kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan Jawa Timur, untuk mencukupi kebutuhan pupuk di daerahnya. (*)

BERITA REKOMENDASI