‘Bola Panas’ Iriawan Ada di Mendagri, Begini Reaksi DPR

JAKARTA, KRJOGJA.com – Polemik pengangkatan Komjen M Iriawan sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat belum reda. Malah terus menghangat.

Suara di DPR yang setuju menggulirkan hak angket pun terus bertambah setelah PAN menyatakan mendukung. “Besar kemungkinan kami akan mendukung hak angket,” kata Wasekjen Saleh Partaonan Daulay, dalam keterangannya, Juamt (22/6/2018).

Sebelum PAN, Demokrat, Gerindra dan PKS sudah lebih dulu ingin menggulirkan hak angket. Saleh menilai, pengangkatan Iriawan menyalahi UU Kepolisian. Karena Iriawan masih merupakan perwira aktif kepolisian.

Karena itu pengangkatan ini memunculkan kecurigaan. Ada ketakutan bahwa Iriawan akan berpihak di Pilkada Jabar.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo menyatakan, penunjukan Iriawan sudah melalui pertimbangan matang oleh Kemendagri.

“Tentu saja sudah melalui tahapan-tahapan pengkajian, pemikiran-pemikiran serta pertimbangan pertimbangan,” kata Jokowi usai meninjau pembangunan landasan pacu ke-3 Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin.

Terkait hal-hal detail, ia meminta awak media bertanya langsung kepada Mendagri Tjahjo Kumolo. “Semuanya sudah (dilakukan) dalam pengusulan penjabat gubernur Jawa Barat,” katanya.

Jokowi membantah jika dianggap sebagai orang yang mengusulkan memilih Iriawan. Dia menegaskan, usulan itu datang dari Kemendagri.

Respons Jokowi ini berbeda saat awal tahun lalu. Kala itu usulan Menteri Tjahjo untuk mengangkat perwira aktif polisi menjadi pj gubernur sedang hangat-hangatnya. Jokowi pun meminta publik tidak berburuk sangka soal ini.(*)

 

BERITA REKOMENDASI