BPJamsostek Berbagi Pengalaman Pengelolaan SDM Lewat Buku

Editor: KRjogja/Gus

BOGOR, KRJOGJA.com--BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) meluncurkan sebuah buku bertajuk “The Survival of Human Capital: “Memanusiakan Manusia Memasuki Era New Normal” yang mengulas perjalanan BPJamsostek dalam mengelola karyawan selama kurun waktu 2016-2020.

Sebagai penulis utama buku tersebut, Naufal Mahfudz yang juga Direktur Umum & SDM BPJamsostek mengatakan, melalui buku ini pihaknya ingin berbagi pengalaman tentang perjalanan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di BPJamsostek yang telah berubah menjadi human capital. “Sudah banyak hal yang telah kami lakukan dalam kurun waktu lima tahun sejak 2016-2020,” tuturnya saat peluncuran dan bedah buku di Institut BPJS Ketenagakerjaan Bogor, Jumat (22/1/2021).

Mengenai apa saja yang telah dilakukan, menurut Naufal, di antaranya adalah bertahan menghadapi disrupsi ganda yaitu disrupsi teknologi digital dan disrupsi pandemi Covid-19. Untuk itu, melaui buku yang diterbitkan PT Balai Pustaka (Persero) dan berisi delapan bab ini mendokumentasikan berbagai pengetahuan, praktek atau implementasi human capital yang diterapkan di BPJamsostek.

Semua itu, lanjutnya, didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan, keahlian dan kapabilitas yang dimiliki pegawai untuk memberikan solusi (the knowledge, skill, and capability of individual employee to provide solutions). Pada bagian akhir, buku ini merangkum pendapat para tokoh masyarakat baik pejabat pemerintah, akademisi, maupun profesional yang bersentuhan langsung dan mendukung pengembangan insan BPJamsostek dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pekerja dan keluarganya.

“Kami berharap buku yang akan kami sebarkan secara luas ini dapat menjadi sumber pengetahuan dan pengalaman, serta menjadi penyanding dan pembanding dalam pengelolaan human capital pada organisasi atau perusahaan di Indonesia atau bahkan di Asia.” tutur Naufal.

BERITA REKOMENDASI