BPJAMSOSTEK Ingin Ciptakan SDM Unggul Melalui Program Vokasi

Editor: KRjogja/Gus

BOGOR, KRJOGJA.com – Anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) selaku Ketua Komite KPKOS M. Aditya Warman mengatakan, pihaknya ingin menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui program vokasi sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memfokuskan kepemimpinannya lima tahun ke depan ini melakukan pengembangan SDM.

"Karena itu, kami ingin meyakinkan proses managemen menumbuhkan benih-benih lewat vokasi. Ini uangnya tidak kecil, tahun ini sebesar Rp 294 miliar, tahun depan mungkin akan bertambah sampai sebesar Rp 1 triliun," kata Aditya saat ditemui dalam seminar High Level Update 'HR Leader As A Strategic Business Partner', di Learning Center BP Jamsostek Bogor, Selasa (17/12/2019).

Ia juga menyebutkan, BPJAMSOSTEK ingin mendukung dan menghasilkan SDM unggul, seperti halnya ide penerapan leadership di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang disampaikan Rektor IPB Arif Satria. Tidak hanya di kampus, tapi pihaknya punya inisiasi tumbuhkan benih suburkan ladang.

"Bagaimana menyuburkan ladang, yakni membuat perspektif kita berubah," kata Aditya dengan mengumpamakan Indonesia sebagai ladang. "Ladang kita bukan lagi tanah, melainkan adalah mindset. Mampu kah mindset itu berubah?," jelasnya.

Untuk itu, diharapkan ide yang diterapkan IPB mampu juga mencetak leader-leader BPJAMSOSTEK. Artinya tidak banyak di antara kita contoh leader, maka BPJAMSOSTEK ingin menjadi cermin bagi rakyat Indonesia dengan mendukung dan menghasilkan SDM unggul melalui vokasi.

Seminar ini digelar masih dalam rangka HUT Ke-42, BPJAMSOSTEK. Acara tersebut kembali terselenggara atas inisiasi dari Komite Kebijakan Pengelolaan Kinerja Organisasi dan Sumber Daya Manusia (KPKOS) yang merupakan salah satu dari empat Komite Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK, bersama dengan Apindo Training Center dan Indonesia Global Compact Network (IGCN). (Ful)

 

BERITA REKOMENDASI