BPJS Kesehatan Optimalkan Cakupan Kepesertaan JKN

“BPJS Kesehatan mempunyai lima fokus utama tahun berupa peningkatan mutu layanan, kolektif iuran, strategic purchasing, peningkatan kapasitas badan dan kontribusi dalam penanganan pandemi Covid-19. Peningkatan mutu layanan dilakukan dengan penguatan standarisasi pelayanan, optimalisasi layanan digital, peningkatan akurasi data kesepersertn dan inovasi layanan kepada peserta,” terangnya.

David menyebut optimalisasi layanan digital ini berupa layanan kepesertaan melalui Mobile JKN, aplikasi Elektronik Data Badan Usaha, Chatbot informasi JKN (Chika), Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (Pandawa), BPJS Kesehatan Care Center 165, Pelayanan Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) dan identitas peserta berbasis NIK. Selanjutnya pemanfaatan sistem online dalam pelayanan kesehatan. Pemanfaatan sistem pembayaran iuran berbagai saluran non tunai seperti autodebet, pembayaran iuran di berbagai saluran perbankan dan nonperbankan, telecollecting dan kader JKN.

“Peningkatan inovasi layanan kepada peserta pada kondisi pandemi Covid-19 dari layanan tatap muka bertransformasi menjadi layanan tanpa tatap muka. Peningkatan mutu layanan informasi dan penanganan pengaduan di Rumah Sakit (RS),” imbuh David. (Ira)

BERITA REKOMENDASI