BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Arsip Statis Pada ANRI

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan memiliki peranan penting dalam sejarah perkembangan pelaksanaan jaminan sosial di Indonesia dan agar hal itu terdokumentasi dengan baik, maka diserahkan arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Sebagai badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung pada Presiden RI, penyerahan arsip statis untuk yang pertama kalinya ini adalah merupakan momen penting sebagai wujud kepedulian dan kontribusi BPJS Ketenagakerjaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap melestarikan sejarah dari awal terbentuknya jaminan sosial di Indonesia," kata Naufal di Jakarta, Minggu (25/3/2018).

Naufal menyerahkan arsip statis sebanyak 13 berkas yang berisikan dokumen bernilai sejarah berupa pembentukan dan cikal bakal lahirnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja di Indonesia kepada Kepala ANRI Mustari Irawan. 

"Tentunya penyerahan Arsip Statis BPJS Ketenagakerjaan kepada ANRI dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian, ilmu pengetahuan, kemasyarakatan, dan kemaslahatan Bangsa serta kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kaidah kearsipan," kata Naufal.

Pada kesempatan ini Mustari Irawan menyampaikan bahwa arsip statis adalah arsip yang memiliki nilai sejarah penting bagi institusi dan memori perjalanan suatu bangsa, cerminan dari sudah terkelola dengan baiknya kegiatan kearsipan suatu institusi bisa dilihat dari pengelolaan arsip yang baik dan salah satunya adalah pengelolaan arsip statis

"Dan catatan di ANRI, belum banyak Lembaga Negara dan BUMN di negara ini yang sudah menyerahkan arsip statisnya ke ANRI untuk didokumentasikan dengan baik sebagai peninggalan sejarah masa lalu," tegasnya. (Ful)

BERITA REKOMENDASI