BPJSTK – WSM Belgia Berbagi Informasi Jamsos Ketenagakerjaan

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), World Solidarity Movement (WSM) Belgia, dan South Research Belgia mengapresiasi sistem tripartit yang diterapkan Indonesia dalam memberikan jaminan sosial ketenaakerjaan (Jamsos)  terhadap masyarakat pekerja.

"Selain itu, mereka mengharapkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan bisa tetap berjalan dengan kuat untuk melindungi para pekerja di seluruh Indonesia," kata Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) Krishna Syarif dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Krishna mengatakan demikian setelah menerima kunjungan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), World Solidarity Movement (WSM) Belgia, dan South Research Belgia. Pada kesempatan ini ia didampingi anggota Dewan Pengawas BPJSTK Rekson Silaban. Kunjungan itu bertujuan untuk berdialog mengenai penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di Indonesia.

Selain itu, jelas Krishna, dalam dialog membahas penyelenggaraan jaminan sosial baik di sektor formal maupun informal, temasuk pekerja migran Indonesia serta peran Serikat Buruh dalam mendukung program jaminan sosial. Untuk itu, kunjungan ini selain untuk menjalin silaturahmi, juga momen penting untuk berkoordinasi mengenai perlindungan BPJSTK baik untuk pekerja yang ada di Indonesia maupun yang berkerja diluar negeri sebagai pekerja migran.

"Dalam pertemuan ini juga, bisa berbagi informasi dengan WSM Belgia-Indonesia dan South Research Belgia mengenai kondisi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia saat ini," ujar Krishna.

WSM adalah Non Government Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat asal Belgia yang bermitra dengan berbagai negara termasuk Indonesia. LSM ini fokus dalam memperjuangkan hak-hak buruh di antara adalah hak mendapatkan perlindungan dan manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan dan di Indonesia LSM ini bekerjasama dengan KSBSI.

Sementara South Research adalah lembaga independen yang ditunjuk pemerintah Belgia untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja seluruh WSM termasuk kerjasamanya dengan negara lain. Dewan Pengawas BPJSTK Rekson Silaban menegaskan, pertemuan ini semoga menjadi awal bagi WSM dan KSBSI  untuk sama-sama memperjuangkan hak tenaga kerja, khususnya dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. (Ful)

 

 

BERITA REKOMENDASI