BPJT Rampungkan 380 KM Jalan Tol Akhir 2017

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat sampai Desember 2016 ada 176 kilometer (km) jalan tol di berbagai ruas yang sudah bisa dioperasionalkan. Sampai akhir tahun ini, BPJT menargetkan ada 380 km jalan yang bisa selesai pengerjaannya. 

"Kemarin sudah ada 176 km sudah beroperasi dan di 2017 ini sudah operasi dari Gempol-Pasuran seksi I sepanjang 7 km, akses Tanjung Priok sepanjang 8 km, Gempo-Pasuruan paket A I sepanjang 6,8 km. Jadi total kurang lebih ada 22 km yang sudah operasi. Kalau ditambah 176 km, maka ada sepanjang 198 km lah yang sudah,"ucap Kepala BPJT Herry TZ di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Dia melanjutkan, untuk pengerjaan di Agustus lalu sebenarnya sudah ada beberapa ruas tol yang sudah memasuki tahap uji kelaikan. Seperti Semarang-Sol di ruas Tol Salatiga-Bawen, saat ini masih dalam pemeriksaan tim terkait proses laik jalannya. " Mudah-mudahan dalam minggu ini bisa selesai dan diagendakan pengoperasiannya. Kemudian Gempol-Pasuruan seksi I sepanjang 6,8 km, Kertosono-Mojokerto seksi IV sepanjang 20,8 km, ini juga siap untuk dioperasikan," tuturnya.

Selain ruas tol tersebut, Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi II-VI, Medan-Binjai seksi II dan III sepanjang 10,46 km, Palembang-Indralaya seksi I, pengerjaannya rampung di Oktober. Setelah itu akan diajukan untuk proses uji kelaikan. 

Sementara itu, untuk tol yang masih dalam proses pengerjaan dan diharapkan bisa selesai diakhir tahun ini seperti Bakauheni-Terbangi besar Paket I, Bakauheuni-Terbangi Besar Paket II, Solo-Ngawi seksi I dan II sepanjang 87 km, Pejagang-Pemalang seksi III dan IV sepanjang 37,3 km, Ngawi-Kertosono sepanjang 52,5 km, dan Batang-Semarang seksi I. (*)

BERITA REKOMENDASI