BPPT Innovation Award untuk PINDAD dan Dokter Ismail

JAKARTA, KRJOGJA.com – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan apresiasi berupa penghargaan teknologi terhadap anak bangsa yang memiliki inovasi untuk kemandirian bangsa.  Namanya BPPT inovation award ,untuk tahun 2018 ini diberikan kepada PT Pidad dan Dokter Ismail.

Pemberian penghargaan tersebut atas inovasi dalam bidang Teknologi Kesehatan dan Teknologi Pertahanan dan Keamanan (Kankam). BPPT Innovation Award diberikan kepada Dr dr Ismail Hadisoebroto Dilogo Sp.OT(K) dalam bidang inovasi teknologi kesehatan.

Dr Ismail berhasil membuat pengobatan alternatif bagi penderita patah tulang. Pemberian penghargaan tersebut atas inovasi dalam bidang Teknologi Kesehatan dan Teknologi Pertahanan dan Keamanan (Kankam). Sedangkan untuk kategori perusahaan, diberikan kepada PT Pindad yang telah berhasil mengembangkan di bidang Hankam.

"Penganugerahan BPPT ditujukan untuk menjadi pendorong dan motivasi agar inovasi dapat lebih meningkatkan karyanya dan menjadi panutan bagi setiap insan teknologi," demikian Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Unggul Priyanto, di Jakarta Kamis (2/8/2018).

Dalam bidang kesehatan, dr. Ismail berinovasi membuat pengobatan alternatif bagi penderita patah tulang. Menurutnya pengobatan yang mengkombinasikan pengobatan biologik dan mekanik bisa menyatukan patah tulang yang gagal sambung dengan biaya yang lebih murah.

Turut hadir memberikan testimoni Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek.
Menurut Menkes,indeks kemajuan sebuah negara bergantung pada Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan. Namun dalam hal ini, kesehatan adalah yang utama. "Inovasi alternatif pengobatan tulang ini harus didukung penuh untuk kesehatan demi memajukan bangsa," ujar Menkes.

PT Pindad melakukan inovasi menciptakan dan mengembangkan alat pertahanan dan kemananan negara seperti senjata, amunisi, kendaraan khusus perang dan bahan peledak. Pindad dinobatkan sebagai pemenang BIA 2018 untuk kategori perusahaan yang dianggap telah berhasil mengembangkan inovasi di bidang teknologi pertahanan dan keamanan.

Direktur Utama Pindad, Abraham Mose menerima langsung penghargaan yang diberikan oleh Kepala BPPT, Unggul Priyanto. Abraham mengatakan penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pindad, menurutnya sebuah perjalanan panjang Pindad dalam menuju kemandirian teknologi berkat inovasi yang dilakukan oleh karyawan dan engineer Pindad. (Ati)

BERITA REKOMENDASI