Brasil Kini Miliki Presiden Baru

Editor: Ivan Aditya

BRASIL, KRJOGJA.com – Jair Bolsonaro resmi dilantik menjadi presiden Brasil pada Selasa (01/01/2019). Dalam pidato perdananya, Bolsonaro berjanji akan "bekerja tanpa kenal lelah hingga Brasil mencapai takdirnya".

Berbicara di hadapan kongres setelah diambil sumpah, Bolsonaro yang dijuluki "Trump Tropis" ini juga berjanji menegakkan norma-norma demokrasi.

Dirinya juga mengatakan pemerintahannya akan dipandu oleh janji yang pernah ia ucapkan kepada pemilih Brasil yang telah muak dengan tingkat korupsi dan kejahatan yang tinggi, dan ekonomi yang masih tergagap.

"Saya akan bekerja tanpa kenal lelah hingga Brasil mencapai takdirnya," kata Bolsonaro usai dilantik. "Sumpah saya adalah memperkuat demokrasi Brasil.

Di bidang ekonomi, ia juga berjanji menciptakan "siklus kebajikan baru untuk membuka pasar" dan melakukan reformasi struktural penting guna menopang defisit anggaran publik.

Jair Bolsonaro memenangkan pemilihan umum presiden Brasil pada Minggu (28/10/2018), setelah berkampanye dengan pernyataan-pernyataan yang kontroversial.

Bolsonaro menjadi presiden sayap kanan pertama Brasil sejak kediktatoran militer memberikan ruang bagi sipil memerintah pada tiga dekade lalu.

Dalam pidatonya pula, Bolsonaro menggambarkan keinginan lebih dekat dengan Barat dan menjauhi negara berkembang dalam rangka menyelaraskan posisi Brasil di kancah internasional.

Salah satu tanda perubahan diplomatik tersebut adalah keinginannya memindahkan kedutaan Brasil di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem yang muncul kala dirinya berkampanye.

Pelantikan Bolsonaro ini bak menjadi momen kemenangan bagi pendukungnya dan kelompok konservatif, seperti gereja Kristen evangelis. (*)

BERITA REKOMENDASI